• LinkedIn

Selasa, 23 Juni 2015

E-Toll Bali Mandara

04.59 // by KIBcentre //


Pengguna jalan bebas hambatan Bali Mandara kini tidak perlu lagi kerepotan menyediakan uang tunai atau mencari-cari pecahan uang sesuai dengan jumlah yang harus dibayar di gerbang tol. Cukup dengan sekali tap, biaya tol sudah terbayar. 

Kemudahan ini dapat diperoleh berkat inisiatif dari ketiga bank BUMN yang tergabung dalam Himbara yaitu Bank Mandiri, BRI dan BNI. Ketiga bank tersebut melakukan kerjasama sinergis dengan PT. Jasa Marga (Persero) Tbk. untuk mengimplementasikan pembayaran tol dengan uang elektronik.  Mulai 19 Juni 2015 lalu Mandiri E-Toll, BRI BRIZZI, dan BNI Tap Cash sudah dapat digunakan sebagai alat pembayaran di empat Gardu Tol Otomatis (GTO) Benoa.
 
Seremoni implementasi perdana tersebut dihadiri oleh Senior Executive Vice President Bank Mandiri - Rico Usthavia Frans, Senior Executive Vice President BRI – Muhammad Ali dan Direktur Konsumer BNI – Anggoro Eko Cahyo. Sementara dari pihak Jasa Marga hadir Direktur Operasional Jasa Marga – Christanto Prihambododi dan Direktur Utama Jasa Marga Bali – Akhmad Tito Karim. 

“Uang elektronik seperti e-money dari Bank Mandiri semakin banyak dipakai oleh masyarakat terutama untuk pembayaran tol. Alasannya lebih nyaman dan mudah dalam transaksi pembayaran sehingga mobilitas tidak terhambat, semakin optimal. Ini juga sebagai bentuk dukungan Bank Mandiri terhadap wacana Gerakan Nasional Non Tunai,” ujar Rico Usthavia Frans, Senior Executive Vice President Bank Mandiri. 

“Implementasi e-payment di GTO Benoa ini akan memberi kemudahan dan benefit lebih bagi nasabah dari ketiga bank BUMN yang ikut bersinergi. Ketiga bank baik Bank Mandiri, BRI dan BNI didukung oleh teknologi yang memadai dan unit kerja yang luas. Tidak sulit rasanya bagi para nasabah untuk memperoleh produk uang elektronik dan layanan yang diperlukan untuk e-payment,” ujar Budi Satria, Sekretaris Perusahaan BRI.

Sementara itu menurut Direktur Konsumer Banking Bank BNI, Anggoro Eko Cahyo sinergi antara Bank Mandiri, BRI dan BNI dengan Jasa Marga adalah langkah yang baik. Pengguna jalan tol Bali Mandara yang melalui GTO Benoa akan memiliki banyak pilihan bank penerbit uang elektronik. Mereka dapat memilih baik itu E-Toll, BRIZZI ataupun Tap Cash untuk melakukan pembayaran. 

Kerjasama ketiga bank BUMN tersebut dengan PT. Jasa Marga (Persero) Tbk dalam mengimplementasikan e-payment di GTO Benoa merupakan bentuk realisasi awal e-payment nasional. Selain itu, juga bentuk perwujudan sinergi antar instansi BUMN yang terus didengungkan oleh Kementrian BUMN. 

Paska pengimplementasian perdana 19 Juni 2015, pengguna jalan tol Bali Mandara yang memiliki E-Toll, BRIZZI atau Tap Cash tidak hanya dapat menikmati kemudahan bayar tol. Ada promo diskon biaya masuk tol di GTO Benoa jika membayar menggunakan ketiga uang elektronik tersebut. Pengimplementasian ketiga uang elektronik di GTO Benoa baru tahap awal, kedepannya tidak menutup kemungkinan penggunaan E-Toll, BRIZZI dan Tap Cash akan diperluas ke GTO lainnya.