Powered by Jasper Roberts - Blog
  • LinkedIn

Selasa, 23 Juni 2015

Pizza Sepanjang 1.595 Meter Ini Berhasil Pecahkan Rekor Dunia!

05.02 // by KIBcentre //


Rekor pizza terpanjang di dunia berhasil dipecahkan negara asalnya yaitu Italia. Dalam acara Milan Expo 2015, para chef Italia memamerkan pizza sepanjang 1.595 meter. Pizza ini dibuat dari 5 ton adonan roti, 1.5 ton keju mozarella, dan 2 ton saus tomat!

Seperti diberitakan The Independent (23/06/15), Milan Expo 2015 berlangsung sejak 1 Mei hingga 30 Oktober mendatang. Pameran ini melibatkan 140 negara di dunia dengan mengusung tema lingkungan.

Dalam acara ini, tuan rumah penyelenggara yaitu Italia berhasil memecahkan rekor dunia dengan membuat pizza sepanjang 1.595 meter. Pizza ini dibuat selama 18 jam dengan melibatkan lebih dari 60 chef. 

Total bahan makanan yang dihabiskan pun fantastis. Dibutuhkan sekitar 5 ton adonan roti, 1.5 ton adonan keju mozarella, dan 2 ton saus tomat untuk membuat pizza ini. Untuk memanggangnya, dibutuhkan waktu sekitar 3 menit per tiap meter adonan. Terdapat lima oven khusus yang juga disiapkan penyelanggara.

Selain bertujuan memecahkan rekor, pembuatan pizza ini juga dilakukan dalam rangka ulang tahun ke-126 roti bundar ini. Resep pizza pertama kali ditemukan oleh Raffaele Esposito pada tahun 1889. Ia membuat pizza untuk disuguhkan pada Queen Regina Margherita yang tinggal di Istana Bourbon, Italia Selatan.

Menghindari pembuangan makanan sia-sia, pihak penyelenggara mengajak sekitar 30 ribu pengunjung Milan Expo untuk mencicipi pizza secara gratis.

Rekor pizza terpanjang ini berhasil mematahkan rekor sebelumnya di Tomelloso, Spanyol. Pada tahun 2011, pizza sepanjang 1.141 meter berhasil dibuat disana.

Sebelumnya rekor pizza terbesar juga berhasil dibuat di Milan. Mereka membuat pizza selebar 23 meter dengan topping manis yang menggiurkan seperti krim pistachio, hazelnut parut, icing sugar, dan juga cokelat.