Powered by Jasper Roberts - Blog
  • LinkedIn

Selasa, 23 Juni 2015

Soal Timah Ilegal di Babel

05.01 // by KIBcentre //


Kerusakan lingkungan di Bangka Belitung (Babel) menurut Menteri Kehutanan dan Lingkungan Hidup Siti Nurbaya sudah sangat parah. Kondisi tersebut akibat maraknya penambangan timah ilegal yang makin merajalela berlangsung puluhan tahun.

"Di sana (Babel) mah parah. Kita bisa identifikasi di lapangan. Kita bisa deteksi pelanggarannya, dan kita bisa proses hukum," ujar Siti ditemui di Istana Negara, Selasa (23/6/2015).

Siti mengatakan, salah satu kerusakan lingkungan yang nampak di depan mata adalah rusaknya hutan mangrove, karena aktivitas penambangan ilegal.

"Jadi yang diobok-obok itu ya mangrove. Para penambang yang merusak sudah pasti kena undang-undangan lingkungan, Kemarin kita sudah proses hukum yang di Bangka Barat. Itu tindakan pidana, itu kan kerusakan hutan dan lingkungan, selama ini kan itu terlalu lama dibiarkan," tutupnya.

Salah satu bukti lingkungan di Babel rusak, dapat dilihat dari Google Maps. Tampilan dari udara, terlihat jelas kedua wilayah tersebut kondisinya terlihat sudah bopeng-bopeng karena penambangan terbuka timah.