merdeka.com

Mayor Inf Agus Harimurti Yudhoyono resmi menyandang jabatan barunya sebagai Komandan Batalyon 203/Arya Kamuning. Agus menggantikan Letkol Inf Slamet Supriyanto yang akan menempati tugas barunya sebagai Dandodiklatpur Rindam Jaya.

Upacara serah terima jabatan ini juga dihadiri oleh seluruh keluarganya, termasuk ayahnya Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan adiknya Edhie Baskoro. Sebelum memulai tugas-tugasnya, ada pesan khusus yang disampaikan kepada putra sulungnya tersebut usai diserahi jabatan tersebut.

"Komandan Batalyon adalah jabatan penting bagi perwira infantri atau satuan tempur, karena di situlah kalian berlatih, kalian menempa diri, kalian mengembangkan kepemimpinan, kalian membimbing anak buah untuk mencapai tugas pokok," ujar SBY saat memberikan wejangan di Kompleks Yonif Mekanis 203/Arya Kamuning, Tangerang, Banten seperti dikutip merdeka.com, Sabtu (22/8/2015).

Menurut pengalaman SBY, mengemban tugas sebagai Komandan Batalyon memiliki banyak tantangan dan permasalahan. Namun, semua itu bisa membuat perwira yang mengembang jabatan tersebut menjadi lebih matang dalam menjalankan tugas, dan kemampuannya dalam memimpin.

Meski begitu, SBY menekankan agar pemegang jabatan tersebut untuk benar-benar mengabdikan dirinya kepada bangsa dan negara. Mereka harus menjauhkan diri dari motivasi politik maupun materi serta memegang teguh nilai-nilai dasar keprajuritan.

"Hukum itu ada etika, ada jiwa korsa yang dijaga dan dipelihara dengan baik. Komandan akan cakap dan bijak jika menjaga semua itu dan tetap dalam rangka menjalankan tugas pokok dengan baik," lanjut SBY.

Di samping tampuk kepemimpinan, SBY juga berpesan agar Agus tetap memperhatikan kebutuhan prajurit. Hal itu dinilainya penting agar moril prajurit tetap tinggi, namun seluruh kebutuhannya dapat terpenuhi di sela-sela menjalankan tugas.

"Tidak kalah penting menjaga dan memelihara kesejahteraan anak buah, bukan hanya serba benda dan materi tapi juga model, semangat, jiwa korsa dan motivasi jadi prajurit yang baik. Bicara prajurit, mereka juga punya keluarga, di mana ada harapan, keinginan, cita-cita untuk berhasil dalam tugas dan keluarganya juga sejahtera," tutupnya.